MASTERPLAN LANDSCAPE DOMPAK ISLAND

 Pulau Dompak dengan luas lebih kurang 925 ha direncanakan akan dikembangkan menjadi daerah perkantoran dan pusat pemerintahan daerah, oleh karenanya diperlukan perancangan lansekap yang menyeluruh bagi rencana pengembangan Pulau Dompak agar pembangunan yang direncanakan tetap selaras norma-norma lingkungan dan kelestarian alam, serta memiliki suasana dan karakter yang representatif sebagai kawasan Pusat Pemerintahan propinsi Kepulauan Riau.

         

Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi di Indonesia yang ke-32 dan diresmikan pada tanggal 1 Juli 2004 berdasarkan UU No.25/2002, terdiri dari 2.408 pulau dengan sekitar 95% dari luas kawasannya merupakan lautan. Pusat pemerintahan berada di Pulau Bintan dengan kota Tanjung Pinang sebagai ibukotanya. Sedangkan Pulau Dompak terletak di bagian Selatan Pulau Bintan, dengan luas daratan mencapai sekitar 925  ha dengan panjang garis pantai sekitar 20 km.

Penyusunan perancangan Lanskap Pusat Pemerintah di Pulau Dompak merupakan suatu tahapan guna meningkatkan kualitas lingkungan melalui perancangan yang lebih terpadu, yang merujuk pada rencana-rencana kota dan Masterplan pengembangan yang telah disusun sebelumnya bagi kawasan ini secara lebih terperinci. Hasil akhir dari kegiatan ini dapat merupakan bahan untuk pelaksanaan penciptaan lansekap kawasan yang sesuai dengan karakter Pusat Pemerintahan.

Konsep Pengembangan Pulau Dompak diperoleh dari perpaduan Rencana Hijau Baru yang Figuratif dan Konservasi ruang hijau dan laut biru yang natural, Eco City konsep adalah alternatif yang paling memungkinkan yaitu konsep tata ruang kawasan yang memperhatikan ekologi lingkungan, disain tata hijau, tat ruang terbuka, lansekap kawasan, lansekap pesisir pantai, hutan kota secara natural, figuratif, asri dan beramenitas. Dimana ruang hijau kota dan pantai yang biru merupakan ruang publik yang dapat diminati tanpa batasan ruang.

Dalam upaya perencanaan ruang terbuka koridor kota  perlu diperhatikan karakteristik  lahannya, yaitu menyangkut fisiografi dan alam dari lahan tersebut serta kegiatannya.

Ruang terbuka kota memiliki karakter yang berbeda-beda, hal ini  sangat tergantung pada ruang dan waktu. Serta melalui sesuatu yang mudah dikenali dari unsur-unsur yang membentuk wajah lingkungannya, yang terdiri atas unsur non fisik, berupa aktifitas dan pengalaman pemakai yang beraktifitas.

         

Kebutuhan akan pengalaman, persepsi tidak lepas dari estetika lingkungan yang terbentuk melalui karakternya masing-masing. Persepsi tentang makna simbolis adalah tanggapan yang berasal dari mekanisme alam pemikiran. Pengujian simbol-simbol lingkungan yang membentuk karakter suatu lahan adalah cara lingkungan memenuhi fungsinya

Dalam suatu kawasan kota, unsur fisik dan non fisik berada dalam suatu keterkaitan. Keterkaitan ini secara visual dan sequencial akan membentuk drama visual lingkungan perkotaan.

Rancangan sebuah kota berkait dengan reaksi dan tanggapan indrawi manusia terhadap lingkungan fisik kota  : penampilan visual, kualitas estetika, dan karakter ruang yang membentuknya. Yang memiliki kejelasan penampakan obyek dan membantu tingkat kesadarannya akan tempat, mampu mengarahkan pergerakan agar tidak monoton, melainkan menarik serta menentukan arah penampakan yang ideal.

Hal tersebut berkait erat dengan keberadaan dan, kesadaran akan tempat dan perilaku serta pola pergerakan mereka. Elemen /ornamen estetika kota sebagai hiasan dapat menstimulasi rangsangan akan kesan perlu dipertimbangkan secara cermat.

Tim Arsitektur Lansekap di rancang tahun 2007 dan di ketuai oleh Dr. Ir. Rustam Hakim; dengan anggota Ir. Eddie A. Latif; Ir. Protjojo; Ir. Djoko Wiswa dan Ir. Ocit. Secara keseluruhan Rancangan Masterplan Pulau Dompak dibawah koordinasi Dr. Ir Andi Siswanto dari PT. Wiswakharman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: